Dinilai Peduli Jurnalis, Ketua SMSI Sergai Ajukan Darma Wijaya Penerima Pin Emas

Dinilai Peduli Dengan Jurnalis, Ketua SMSI Sergai Ajukan Darma Wijaya Sebagai Penerima Pin Emas

topmetro.news – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H.Darma Wijaya dinilai memiliki kepedulian terhadap wartawan yang bertugas di Kabupaten Sergai, Sumatera Utara. Untuk mendukung para wartawan menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugas sehari-hari, Pemkab Sergai turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang bekerjasama dengan organisasi wartawan.

Darma Wijaya yang akrab disapa dengan Wiwik ini juga diketahui sangat dekat dengan para wartawan, tanpa membedakan usia maupun pengalaman seorang wartawan. Ia banyak memberikan masukan dan memotivasi wartawan agar terus berkarya dan turut membangun daerah yang dipimpinnya melalui tulisan di media online, surak kabar (Koran), televisi, dan juga tetap menyampaikan kritik yang sifatnya membangun.

Untuk mempermudah wartawan berkumpul dan bersilaturahmi dalam keseharian, ia juga menyediakan fasilitas satu ruangan khusus di lingkungan Pemkab Sergai untuk para wartawan. Ruangan tersebut dilengkapi berbagai peralatan pendukung untuk mempermudah dan melancarkan tugas sehari-hari wartawan.

Selain itu, Pemkab Sergai juga sangat mendukung berbagai program organisasi wartawan yang positif dan memberi manfaat bagi masyarakat, tidak hanya untuk wartawan itu sendiri.

Dukungan tersebut direalisasikan dalam bentuk pemberian dana hibah. Dana ini berada pada pengelolaan dan dianggarkan oleh Dinas Kominfo Sergai. Dana ini terus bergulir dan diberikan kepada organisasi-organisasi wartawan tanpa membedakannya.

Pada prinsipnya, dana hibah ini tidak diberikan hanya kepada satu organisasi wartawan saja, melainkan organisasi wartawan yang telah memenuhi syarat sesuai amanat peraturan yang berlaku.

Dana hibah ini terus diberikan kepada organisasi wartawan tanpa pilih kasih.Dukungan Pemkab Sergai ini patut kita beri apresiasi cukup tinggi.

Masih penuturan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sergai Zuhari, Senin (24/7/2023) usai bincang -bincang dengan Ketua Umum SMSI Firdaus, di Kantor Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jakarta Pusat, bahwa berdasarkan hal tersebut diatas, maka nya Bupati Sergai sebagai salah satu kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara ini layak untuk menerima penghargaan PIN Emas dari SMSI Pusat nantinya.

Meski pun itu semua akan melalui proses dan dilakukan penilaian oleh tim yang telah dibentuk. Tapi, kata Zuhari yang sering disapa Jo, Darma Wijaya diyakininya akan mendapatkan penilaian cukup baik dari tim dan layak untuk menerima penghargaan tersebut pada tanggal 11 Agustus 2023.

Selain penghargaan Pin Emas,sebut Zuhari, ada juga penghargaan sebagai “Sahabat Pers”. Kedua penghargaan ini akan diberikan kepada kepala daerah yang telah terpilih nantinya. Satu Kepala daerah yang terpilih akan menerima satu penghargaan. Penyerahan penghargaan ini akan dirangkai dalam kegiatan “Peluncuran Buku SMSI Ekspedisi Geopark Kaldera Toba 2023” yang menjadi Icon Sumatera Utara.

Selanjutnya, sebagai bocoran dan berdasarkan informasi yang diterima dari Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu, ada 4 kepala daerah dari Sumatera Utara yang telah diusulkan untuk memperoleh penghargaan Pin Emas maupun penghargaan sebagai Sahabat Pers, diantaranya, Bupati Sergai,Bupati Batubara,Wali Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Tapanuli Utara. Semua kepala daerah itu akan bersaing lewat tim penyeleksi dan penilai dinilai nantinya. Ungkap Zuhari.

Sedangkan Ketua Umum SMSI Firdaus menanggapi usulan dari Zuhari, menuturkan, usulan tersebut akan dibahas oleh tim panitia juga penilai. Diakuinya bahwa Bupati Sergai Darma Wijaya memang memiliki peluang besar untuk menerima penghargaan Pin Emas, begitu juga dengan kepala daerah yang lainnya. Ucap Firdaus.

Nah, dalam waktu dekat ini, tim akan menyurati semua Ketua SMSI Propinsi untuk menindaklanjuti usulan dari para ketua SMSI Kabupaten/kota. Selain Sumatera Utara, ada kepala daerah dari Pulau Jawa dan di luar Propinsi Sumut. Penyerahan penghargaan itu telah dijadwalkan pada tanggal 11 Agustus 2023 di Jakarta Pusat.

Kegiatan ini mestinya dilaksanakan pada Mei 2023 yang lalu, namun atas berbagai pertimbangan maka ditunda. Dan di Agustus 2023 ini akan diselenggarakan penyerahan anugrah penghargaan dan sekaligus peluncuran Buku Geopark Danau Toba 2023. Jelas Firdaus.

Penulis | Erris

Related posts

Leave a Comment